Laman

Google Penelusuran

Gunung Merapi

Gunung Merapi

Minggu, 31 Oktober 2010

Aktivitas Merapi Tak Mempengaruhi Aktivitas Gunung Lain di Indonesia


Aktivitas Merapi Tak Mempengaruhi Aktivitas Gunung Lain di Indonesia  

Gunung Merapi. AP/Irwin Fedriansyah
TEMPO InteraktifYogyakarta - Aktivitas Gunung Merapi yang meletus pada Selasa (26/10) lalu tak mempengaruhi aktivitas gunung-gunung lain di Indonesia. Alasannya, letak mereka berjauhan dan karakteristik yang dimiliki gunung-gunung berapi di Indonesia berbeda-beda.

“Aktivitas gunung-gunung ini tidak saling terkait dan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda apalagi letaknya juga berbeda,” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono kepada wartawan di Balai Penyelidikan dan Pengembangan Kegunungapian, Yogyakarta, Minggu (31/10). Surono menjelaskan hal ini terkait dengan status siaga Gunung Ibu di Halmahera dan Gunung Karangeten Sintaro Sulawesi Utara.

Surono mengatakan, saat ini ada 19 gunung berapi yang berstatus waspada di Indonesia dari 129 gunung berapi yang berstatus aktif di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Surono juga meminta kepada media agar cermat memberitakan pemberitaan meletusnya Gunung Merapi. Surono meminta perhatian soal ini, karena di sekitar kawasan erupsi Merapi, antara lainnya Yogyakarta,  adalah daerah wisata dan kota pelajar.

“Jangan karena koranya ingin dibaca, dan televisinya ditonton, lalu pemberitaannya tidak sesuai,” kata Surono. “Kasian ibu-ibu yang anaknya sekolah di sini menanyakan kondisi anaknya di Jogja.”

BERNADA RURIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar