Laman

Google Penelusuran

Gunung Merapi

Gunung Merapi

Minggu, 31 Oktober 2010

75 Juta Meter Kubik Lahar di Perut Merapi

MERAPI
75 Juta Meter Kubik Lahar di Perut Merapi
Sabtu, 30 Oktober 2010 | 17:56 WIB
TRIBUNNEWS.COM/BRAMASTO ADHY
Gunung Merapi
JAKARTA, KOMPAS.com — Gunung Merapi masih berpotensi meletus lagi. Di dalam perut Merapi saat ini masih tersimpan 7,5 juta meter kubik lahar.
Berdasarkan keterangan para ahli yang didapatkan Staf Khusus Presiden Bidang Kebencanaan Andi Arif, letusan Gunung Merapi dalam empat hari ini belum sampai pada puncaknya.
"Ada 7,5 juta meter kubik lahar di dalam Gunung Merapi. Itu menurut ahli," kata Andi di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (30/10/2010).
Ia pun belum bisa mengetahui pasti apakah 7,5 juta meter kubik lahar yang ada di perut Gunung Merapi tersebut akan keluar semuanya atau tidak. "Apakah akan keluar semua, saya tidak tahulah," imbuhnya.
Menurutnya, pernyataan bencana itu ada di tangan Kepala BPPTK Surono. "Tergantung call dari Pak Surono. Kalau dia bilang lebih dari 10 km radiusnya, harus ikut. Sekarang, call-nya 10 km," ujarnya.
Aktivitas Gunung Merapi masih dalam status Awas level 4 dan belum bisa diturunkan. Tadi pagi, Gunung Merapi sudah kembali memuntahkan materialnya dan menyemburkan awan panas atauwedhus gembel. (Tribunnews.com/Adi Suhendi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar